Posts Subscribe comment Comments

Definisi Farmakologi

Farmakologi atau ilmu khasiat obat adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan obat dengan seluruh aspeknya, baik sifat kimiawi maupun fisikanya, kegiatan fisiologi, resopsi dan nasibnya dalam organism hidup. Ilmu khasiat ini mencangkup bebrapa bagian yaitu : 

1.      Farmakognosis
Mempelajari pengetahuan dan pengenalan obat yang bersal dari tanaman dan zat zat aktifnya yang berasal dari mineral dan hewan.

2.      Biofarmasi
Meniliti pengaruh formulasi obat terhadap efek terapeutiknya. Dengan kata lain dalam bentuk sediaan apa obat harus di buat agar menghasilkan efek yang optimal.

3.      Farmakokinetika
Meniliti perjalanan obat mulai dari saat pemberiannya, bagaimana absorpsi dari usus, transport dalam darah, dan distribusinya ketempat kerjanya dan jaringan yang lain.

4.      Farmakodinamika
Mempelajari kegiatan obat terhadap organism hduo terutama cara dan mekanisme kerjanya, reaksi fisiologi, serta efek terapi yang ditimbulkannya.

5.     Toksikolgi
Pengetahuan tentang efek racun dar obat terhadap tubuh dan sebetulnya termasuk pula dalam kelompok farmakodinamika, karena efek terapi obat berhubungan erat dengan efek toksiknya.

6.      Farmakoterapi
Mempelajari pengguanaan obat untuk mengobati penyakit atau gejalanya.

Obat obat yang digunakan dalam terapi dapat dibagi dalam tiga golongan besar, sebagai berikut :
1.      Obat Farmakodinamis
Yang bekerja terhadap tuan rumah dengan jalan mempercepat atau memperlambat proses fisiologis atau fungsi biokimianya dalam tubuh, misalnya ; Hormon, diuretika, hipnotika, obat otonom.

2.     Obat Kemoterapeutis
Dapat membunuh parasit dan kuman dalam tuan rumah.hendaknya obat ini memiliki kegiatan farmakodinamika yang sekecil kecilnya terhadap organism tuan rumah dan memiliki efek sebesar besarnya terhadap sebanyak mungkin parasit.

3.     Obat Diagnostika
Merupakan obat pembantu untuk melakukan diagnosis (pengenalan penyakit), misalnya untuk mengenal penyakit pada lambung-usus digunakan barium sulfat.

3

Unknown nyarios ... :

thanks for that information .......:)








Unknown nyarios ... :

sangat membantu .. terimakasih banyak:)

Unknown nyarios ... :

terimakasih sangat membantu☺

Silahkan Tulis Komentar Anda ...